picasion.com
Headlines News :
Home » » “Meuruno Beuet”, Game untuk Belajar Mengaji

“Meuruno Beuet”, Game untuk Belajar Mengaji

Written By Unknown on Minggu, 08 Juli 2012 | 09.44

game21.jpg
BANDA ACEH - Anak anda suka main game? jika 'ya' jangan lupa untuk melengkapi koleksi game anak anda. Selain bermain, anak anda juga bisa langsung belajar mengaji. Game ini akan lebih mendekatkan anak-anak anda dengan Alquran.

"Meuruno Beut" itulah nama game yang dibuat khusus oleh Tim Multimedia Masyarakat Informasi Teknologi (MIT) Indonesia bekerjasama dengan Pondok Pesantren (Dayah) Nihayatul Muhtaj, Aceh Barat Daya (Abdya).

“Meuruno Beut” artinya Belajar Mengaji. Game yang masih versi Demo ini merupakan open project di mana masyarakat dengan berbagai latar belakang pendidikan bisa ikut berkontribusi dalam pengembangan game.

Koordinator MIT Indonesia, Teuku Farhan, seperti yang dikutip Serambinews.com, Sabtu (9/6/2012) usai mengisi program Serambi Techno di Serambi 90.2 FM mengatakan, game ini diperuntukkan untuk segala usia dan bertujuan memperkenalkan Alquran sejak usia dini. Dalam versi pertama ini, anak diperkenalkan huruf hijaiyah sambil mengendarai becak khas Aceh dan melintasi situs-situs wisata Aceh seperti Masjid Raya Baiturrahman dan Museum Tsunami.

Untuk masukan dan kontribusi bagi kesempurnaan game ini, anda bisa kirim email ke info@mit.or.id untuk memberikan masukan dan mendaftarkan diri sebagai kontributor Game Meuruno Beut (MB).

Kemenag Sambut Positif

Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Aceh, Drs H Ibnu Sa’dan, MPd yang dihubungi terkait dengan peluncuran Game Meuruno Beuet (MB) oleh sejumlah parktisi IT muda asal Aceh, menyatakan sangat mendukung dan akan membantu proyek pengembangan game ini sesuai kapasaitas pribadi dan jabatannya.

“Kita mendukung usaha-usaha kreatif seperti ini, dengan peran serta masyarakat, khususnya anak-anak muda ini, maka tugas kita di Kementerian Agama tentu menjadi lebih mudah,” kata Kakanwil.

“Kedepannya kita juga akan memonitor ke madrasah-madrasah yang ada di Aceh, ada banyak anak-anak kita yang punya ketram pilan dan ide-ide kreatif serta positif, mulai membuat komik strip sampai film dokumenter. Anak-anak ini harus kita dukung dan kita berikan pembinaan yang layak,” lanjut Kakanwil.

Selanjutnta Kakanwil mengatakan bahwa dengan adanya para pemuda dan generasi penerus yang kreatif, terampil serta religius, kita yakin di masa yang akan datang mereka bisa hidup mandiri dan mampu menghadapi perubahan zaman yang begitu cepat.

Sementara itu, Kasubbag Hukmas dan KUB, Juniazi mengatakan, pihaknya akan berkoordinasi dengan bidang-bidang terkait untuk membantu poyek pengembangan game ini.

Waqaf Kolektif Masyarakat Aceh

Teuku Farhan yang juga merupakan Koordinator Masyarakat Informasi dan Teknologi (MIT) Indonesia, dalam kegiatan peluncuran Game Meuruno Beuet (MB) di Gedung Sosial, Banda Aceh, Selasa (5/6) kemarin mengatakan bahwa pihaknya telah menerima beberapa penawaran dari dontur luar Aceh dan luar negeri untuk pengembangan game ini.

Namun pihaknya masih menahan diri karena berharap banyak masyarakat Aceh, khususnya pengusaha dan Pejabat yang tertarik untuk menjadi donatur pagi proyek ini.

“Kami ingin game MB ini menjadi simbol kebangikatan teknologi dan semangat keagamaan di Aceh, kami berharap semua lapisan masyarakat Aceh mau berpartisipasi mengembangkan game ini sesuai dengan kapasitasnya masing-masing,” kata Farhan di hadapan pengunjung pameran yang antusias menyaksikan demo game MB.

Pihaknya berharap dukungan dari masyarakat untuk bisa saling membantu demi terwujudnya game tersebut. Kedepannya game ini juga akan diuji pada aplikasi Android yang sedang populer saat ini. (*/Serambi/SeputarAceh)

Tim Pengembang :

Ketua : Tgk. Nawawi Hakimis
Kreatif : Teuku Farhan
Animasi 3D & Programmer : Alfiz Zikra
Programmer : Alfiz Zikra
Pengisi Suara : Cut Raudhatul Jannah
Penguji : Zulfikar, Andri, Santri Dayah Nihayatul Muhtaj
Dokumentasi : TM Syurmanshah

Download GameDownload (zip,22MB)
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. KUA Kec Syamtalira Bayu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger